Selasa, 05 Mei 2009

PERALATAN RESTORAN

Keberhasilan suatu restoran ditentukan bukan hanya dari pelayanan makanan saja, tetapi juga cara pengaturan ruangan, perabot dan peralatan hidangan. Hal-hal yang perlu diperhatikan waktu membeli perabot dan peralatan ditentukan oleh beberapa faktor yaitu:
1. Tipe pelayanan yang akan dilakukan oleh restoran
2. Jenis tamu yang diharapkan
3. Warna dan desain (design)
4. Denah ruangan, dan
5. Dana yang tersedia
Perlengkapan dan peralatan hidang dikelompokkan menjadi:
1. Perabot/meubeler/furniture
Perabot (furniture) untuk restoran harus benar-benar dpilih yang tepat sehingga dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan. Perabot itu harus praktis, enak dipakai, dan modelnya up to date. Perabot kebanyakan dibuat dari kayu karena kayu banyak macamnya, permukaannya kuat, tidak mudah melengkung dan warnanya tidak berubah.
Jenis perabot yang akan dibahas yaitu: kursi makan, meja makan, dan lemari persediaan.
Kursi makan (chair)
Kursi yang digunakan di restoran terdiri dari aneka ragam corak, baik bahan maupun model dan warnanya. Kursi-kursi itu bervariasi bentuk, tinggi dan lebarnya.
Ukuran kursi yang umum digunakan ialah tinggi tempat duduk 46 cm dari lantai, lebar tempat duduk 46 cm, tinggi sandaran kursi dari lantai 1 m. Kursi untuk bar ukurannya lebih tinggi dengan sandaran maupun tanpa sandaran.
Meja makan (table)
Bentuk meja makan ada bermacam-macam, ada yang bulat, persegi panjang, dan segi empat.
Lemari persediaan (side board)
Adalah semacam lemari yang mempunyai bagian-bagian seperti rak-rak dan laci. Lemari persediaan diletakkan di dekat meja makan. Bagian atas lemari tersebut dapat digunakan sebagai tempat meletakkan atau mempersiapkan beberapa alat makan. Side board berfungsi sebagai tempat menimpan alat-alat yang diperlukan pada waktu pelayanan sehingga memudahkan pekerjaan pramusaji.
Pada restoran yang relatif besar tiap pramusaji mempunyai side board sendiri. Sesudah selesai pelayanan,mereka melengkapi kembali side board tadi dengan alat-alat bersih dan siap pakai, lalu dikunci.

2. Kain meja/linen
Lena meja makan tidak kalah pentingnya dengan peralatan yang lain. Lena meja makan ada beberapa macam, yaitu:
Taplak meja makan (table cloth)
Bahan taplak keja makan (table cloth) dapat dibuat dari bahan kapas,sintetis, dan plastic. Warna taplak meja disesuaikan dengan warna ruang makan.
Taplak meja hiasan (slip cloth, top cloth)
Untuk membuat meja lebih menarik, dapat dipergunakan dua taplak meja yang berlainan warnanya. Taplak meja di atas lebih kecil daripada taplak meja di bawahnya. Taplak meja seperti ini disebut taplak meja hiasan (slip cloth, top cloth).
Sarung kursi (chair cover)
Sarung kursi biasanya dipakai pada kursi-krsi yang mahal dan digunakan pada restoran-restoran yang mahal. Ukurannya disesuaikan dengan lebar sandaran kursi. Fungsi sarung kursi selain sebagai hiasan juga untuk melindungi sandaran kursi supaya sandaran kursi tidak cepat kotor.
Molton (silence cloth)
Sebelum taplak meja makan dipasang, perlu dipasang molton terlebih dahulu. Gunanya ialah untuk melindungi meja terhadap panas sehingga tidak merusak plitur meja makan. Selain itu, molton berguna pula sebagi peredam suara, yaitu untuk mengurangi bunyi piring dan alat-alat penghidang lain pada waktu diletakkan. Ukuran molton harus lebih kecil daripada taplak meja. Agar tidak mudah bergeser, molton diberi tali yang diikat satu sama lain di bawahnya.
Serbet untuk tangan (napkin)
Serbet tangan (napkin) dibuat dari bahan lenan atau kapas.
Serbet untuk gelas (glass towel)
Serbet untuk gelas (glass towel) berguna untuk mengeringkan cangkir dan gelas. Serbet ini dibuat dari bahan kapas (cotton) karena mudah meresap air dan tidak berbulu.
Serbet untuk pramusaji (arm towel, service cloth)
Serbet untuk pramusaji dipakai oleh setiap pramusaji untuk melindungi tangan agar tidak kena panas dari piring makan dan untuk menahan air yang menetes dari karaf waktu menuangkan air ke dalam gelas.
Alas baki (tray cloth)
Alas baki dapat dibuat dari kain, renda, plastic atau kertas agar tidak licin waktu membawa alat-alat. Ukuran dan bentuknya bermacam-macam sesuai dengan bentuk baki.
Rok meja (skirting cloth)
Rok meja berguna untuk menutup keliling bagian kaki meja sehingga kelihatan menarik. Rok meja ada yang polos dan ada yang bermotif.

3. China wares/crockery
Peralatan yang dipergunakan untuk penyajian makanan yang terbuat dari bahan porcelin/keramik dan pertama kali di temukan serta di buat di negeri China.
Bentuk china wares ada 2 macam yaitu: ceper dan cekung

4. Table wares/silver wares/cutlery
Peralatan yang dipergunakan untuk makan ( alat makan ) yang umumnya terbuat dari bahan stainless, silver dan gold.
Cutlery

Flate wares

Holloware
Jenis peralatan penyajian yang terbuat dari Stainless, Silver dan Gold.

5. Expand

6. Glass wares
Peralatan yang terbuat dari gelas/kaca yang umumnya digunakan sebagai tempat penyajian minuman.
Ada 2 jenis gelas yang sering digunakan yaitu:
Stemed glass (gelas berkaki)
Unstemed glass (gelas tanpa kaki)

7. Accessories

2 komentar:

  1. gambar/cara table set-up....

    BalasHapus
  2. perlihatkan gambar- gambar china wares douk mba.....,yar nambah maknyos blog-nya!!

    BalasHapus