Selasa, 05 Mei 2009

PENGENALAN RESTORAN

Perkembangan restoran untuk pertama kalinya dimulai di Paris sekitar tahun 1765. Selanjutnya diikuti dengan semakin banyaknya coffee house dan tavem (rumah kopi) yang didirikan di Amerika Serikat. Perkembangan restoran di Indonesia yang bertaraf Internasional diperkirakan bersamaan dengan berdirinya hotel bertaraf Internasional seperti Hotel Indonesia, Hotel Ambarukmo, Hotel Samudra Beach, dan Bali Beach pada tahun 1962.
Restoran berasal dari kata ”Restaurer” yang berarti to restore atau restorasi yang dalam bahasa Indonesia berarti ”memperbaiki atau memulihkan, yakni memulihkan kondisi seseorang dari suatu kondisi yang kurang baik ke kondisi yang lebih baik. Jadi restoran adalah suatu tempat yang menyediakan makanan dan minuman untuk dikonsumsi tamu sebagai kebutuhan dalam rangka memperbaiki/memulihkan kembali kondisi yang telah berkurang setelah melakukan suatu kegiatan.


Jenis-Jenis Restoran
1. Dinning Room
Adalah restoran yang melayani makanan dan minuman dengan kualitas nomor satu. Teknik pelayanan yang digunakan adalah pelayanan secara Rusia dan Perancis .
Penataan meja makan secara Elaborate Cover atau lengkap dari Appetizer hingga Dessert.

2. Coffee Shop
Adalah restoran yang melayani makanan dan minuman secara cepat. Makanan dan minuman diracik dari dapur oleh chef langsung di atas piring makan (Ready on the plate) , kemudian disajikan ke tamu.
Penataan meja makan secara Basic Cover atau standard A’la Carte Cover. Suasana restoran tidak formal. Dan untuk Coffee Shop buka 24 jam.

3. Specialty Restaurant
Adalah restoran dengan ciri khasnya tersendiri mulai dari suasana, interior, peralatan, makanan, minuman, musik hingga pakaian seragam pelayan cenderung meonjolkan kekhasan suatu daerah atau negara.
Seperti Chinese Restaurant, Korean Restaurant, Sundanese Restaurant, dll.
4. Cafetaria
Adalah restoran yang menyajikan makanan dan minuman ringan yang pada umumnya makanan sudah jadi dengan pelayanan yang cepat. Makanan ditata di etalase atau counter panjang, tamu tinggal memilih/mengambil makanan sesuai dengan seleranya. Pembayaran dilakukan di kasir yang terletak di ujung counter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar